Minggu, 10 April 2011

statistika

Suatu hari seorang anak kecil disuruh ayahnya membeli sebungkus korek api dengan pesan agar tidak terkecoh mendapatkan korek api yang jelek. Tidak lama kemudian anak kecil itu datang kembali dengan wajah yang bersei-seri, menyerahkan kotak korek api yang kosong, dan berkata: "korek api ini benar-benar bagus, pak, semua batangnya telah saya coba dan ternyata menyala."

Tak seorangpu, yang bisa menyalahkan kesahihan proses penarikan kesimpulan anak kecil tersebut, namun jika semua pengujian dilakukan seperti itu, lalu bagaimana nasib tukang duren atau mangga? demikian pula dengan orang yang kecanduan lotere, "bagaimana caranya memenangkan lotere tersebut?" jawabannya sederhana: beli saja semua latere.

Bagaimana komentar Anda cerita singkat di atas? (du omnibus dubitandum !)

29 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. untuk menentukan sebuah hipotesis,tidak perlu mencoba semua barang yang ingin di uji kebenarannya tersebut,maka kita akan rugi.kita cukup mengambil beberapa sampel dari populasi barang tersebut untuk di uji,misalkan sebuah perusahaan lampu untuk menguji ketahanan lampu yang di produksi,tidak perlu menguji semua lampu,cukup mengambil beberapa sampel untuk di uji ketahanannya,yang kemudian hasilnya di jadikan acuan terhadap ketahanan semua lampu yang diproduksi oleh perusahaan tersebut

    NAMA:SINGGIH JADMIKO,KLS:S,NBI:221007748

    BalasHapus
  3. kita tidak tahu akan suatu hasilnya apabila tidak masuk atau terjun sendiri untuk mencobanya.....
    baru setelah mencobanya,baru kita tahu akan hasilnya....
    atau...
    baik atau tidaknya suatu hasil tidak bisa hanya dilihat saja

    Nama : Agustin Dianita
    NBI : 221007754
    Kelas : R

    BalasHapus
  4. untuk menentukan hasil penarikan kesimpulan dari duren atau mangga tidak perlu dilakukan pengujian keseluruhan, karena duren yang dijual atau mangga yang dijual berasal dari pohon ataupun ladang yang sama maka cukup satu aja yang dijadikan sample untuk pengujian rasa dari duren atau mangga tersebut.

    Nama : Agus Subekti
    NBI : 221007819
    Kelas : R

    BalasHapus
  5. Jika hasil pengujian pada duren atau mangga itu sudah terbeli maka penjual akan untung. Namun jika hasil pengujian tersebut tanpa dibeli penjual akan mengalami kerugian.

    Seperti halnya orang kecanduan lotere, walaupun lotere tlah dia beli semua dan pasti dia akan menang namun tetap saja dia akan merugi karena peluang kemenanganya tidak sebanding dengan pembelian loterenya.

    Nama : Rina Apriyanti
    Kelas : R
    NBI : 221007769

    BalasHapus
  6. untuk menarik kesimpulan hasil analisa tersebut.
    untuk duren dan mangga, kita melakukan sedikit sample saja, karena kalau misalnya semua buah akan dicoba dengan otomatis si penjual akan mengalami kerugian.
    begitu pula dengan lotere, jika semua akan di beli maka belum tentu dia akan mendapatkan hasil yang maksimal karena hasil lotere akan dibuat untuk mengganti lotere yang sudah di beli.

    Nama : Miftakhul Jannah
    Kelas: S
    Nbi : 221007742

    BalasHapus
  7. dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam setiap percobaan untuk menguji suatu hal tidak perlu semuanya dicoba, kita cukup menarik beberapa sample saja. karena dari sample yang kita ambil kita sudah bisa menuntukan rasa dari buah tersebut. sehingga tidak saling merugikan antara satu dan lainnya.
    kalau untuk pecandu lotere membeli semua lotere pasti akan memenangkan salah satunya, tapi itu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal karena memenangkan salah satu lotere belum tentu bisa mengganti semua uang yang sudah dikeluarkan untuk membeli lotere tersebut.

    Nama : Zauzah zulaini
    NBI : 221007743
    Kelas: S

    BalasHapus
  8. Untuk menarik suatu kesimpulan kita tidak perlu melakukan pengujian terhadap semua barang yang akan di uji.Misalkan pengujian terhadap mangga dan durian,kita tidak perlu mencoba semua mangga dan durian tersebut karena itu bisa merugikan panjual.Apa yang akan di jual jika semua di coba? Maka kita hanya perlu mengambil beberapa sampel saja dari durian dan mangga tersebut. Dan sampel tersebut akan menjadi gambaran atau acuan dari keseluruhan rasa buah tersebut.Begitu juga dengan pecandu lotere.kalau mereka membeli semua lotere memang pasti menang tapi apa uang yang dikeluarkan untuk membeli lotere sebanding dengan hadiah yang di dapatkan.

    NAMA : DESI YULIANTI
    NBI : 221007766
    KELAS : S

    BalasHapus
  9. De omnibus dubitandum = All is to be doubted.

    kesimpulan anak kecil tersebut memang betul sekali, apabila ingin mendapatkan korek yang bagus, ya memang harus dicoba semua.
    Namun, apabila kita ingin membeli mangga, sungguh kasihan sekali si penjual kalau kita mencoba semua buah mangga satu per satu, hanya karena kita meragukan kualitas masing2 buah tersebut. Cukup mencoba sample yang diberikan, kemudian kita beli, barulah keraguan kualitas bagus tidaknya buah itu terjawab, karena fakta yang terjadi tidak boleh diragukan.

    nama : andry fardiansyah
    nbi : 221007767
    kelas: s

    BalasHapus
  10. Untuk menarik kesimpulan kita tidak perlu mangadakan pengujian ke mangga dan duren semuanya,karena itu hanya merugikan penjual saja.Sama halnya dengan orang pecandu lotere dia pasti memang menang tapi tidak sebanding dengan lotere yang ia beli /atau yang lotere yang ia keluarkan.

    NAMA :DWI SULISTIYOWATI
    KELAS :R
    NBI :221007764

    BalasHapus
  11. mengambil sebuah hipotesis,ada kalanya kita tidak perlu mencoba semua barang yang ingin di uji kebenarannya.kita cukup mengambil beberapa sampel saja untuk di uji.misalkan pada mangga dan duren tersebut,kita tidak perlu mencoba semuanya tp kita cukup mengambil satu sampel saja

    NAMA:AHMAD FAIZI,KLS:R,NBI:221007789

    BalasHapus
  12. Menarik kesimpulan diatas,bahwa duren dan mangga kita coba sedikit-sedikit saja,kita akan bisa merasakan semua rasa,secara otomatis menggalami kerugian pada si penjual....

    Dan seperti orang yang kecanduan lotere,mereka dapat membeli semua lotere dan orang tersebut akan mendapatkan hasil maksimal dan belum bisa mengganti semua uang yang sudah dikeluarkan untuk beli lotere tersebut....


    Nama :kristian anjik himawan
    N.B.I :221007751
    kelas : " S "

    BalasHapus
  13. untuk menentukan hasil penarikan kesimpulan dari duren atau mangga tidak perlu dilakukan pengujian keseluruhan, karena duren yang dijual karna dapat merugikan si penjual melainkan kita hanya cukup mengambil satu sampel saja sebagai pembuktian.

    Nama : SUHAIMI
    NBI : 221007779
    Kelas : R

    BalasHapus
  14. kalau duren/mangga kita bisa menggunakan nilai mutlak
    dengan menggunakan sampel sdikit saj
    bisa disimpulkan bahwa seluruh bagian duren/mangga itu sama

    sedangkan lotere kita memang bisa menang dengan membeli semua lotere
    karena disitu ada yang dinamakan peluang
    dimana nomer kita pasti keluar
    tp kita juga kalah karena uang yang kita pakai untuk membeli itu lebih banyak dari pada yang kita dapatkan

    RATRI RAHAYU/221007809/KELAS S

    BalasHapus
  15. Biasanya para pedagang mangga dan duren memberikan sampel sendiri.Untuk itu mewakilkan semua rasanya yang dijual.Dan lotre itu juga berada pada keberuntungan saja,tetapi peluangkalah lebih banyak daripada menang

    NAMA :LENI SEPTASARI
    NBI :221007770
    KELAS :R

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. untuk menarik suatu kesimpulan, tidak perlu mengambil penyajian data secara keseluruhan, cukup mengambil sample dari tiap buah. karena apabila tidak di ambil sample secara acak, maka akan merugikan penjual, baik secara waktu maupun materi.

    NAMA : YUNITA RINDRI EKATIARA
    NBI : 221007807

    BalasHapus
  18. untuk menari kesimpulan tidak perlu mngambil atau menguji semua data yang ada, karena akan menghabiskan banyak waktu dan biaya. cukup dengan mengambil sampel dari data yang ada.

    Beny Cahyo
    221007812

    BalasHapus
  19. seharusnya untuk menarik kesimpulan, tidak perlu mengambil sampel atau contoh yg terlalu banyak.
    cukup dilakukan secara acak.
    contohnya mengambil 1 buah yg manis dan 1 buah yg asem seperti cerita diatas, buah mangga dan buah durian.

    Bella Risca Yolanda
    221007777

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. untuk menarik kesimpulan, kita tidak perlu mengambil xontoh terlalu banyak, karena pedagang duren atau mangga mengalami kerugian..
    jadi cukup mengambil 1 contoh masing-masing buah tersebut..
    untuk memastikan bahwa buah yang kita inginkan sesuai dengan keinginan kita atau tidak..

    laylatuzzuhro.k
    NBI : 221007797

    BalasHapus
  23. menarik suatu kesimpulan dilakukan dengan menggunakan sampel pada sesuatu yang akan disimpulkan. jadi dalam menarik suatu kesimpulan tidak harus menguji satu per satu kamaasus tersebut, tetapi cukup mengambil sampel untuk bisa ditarik suatu kesimpulan.

    Nama : Lingga Pramudya
    NBI 221007808
    Kelas R

    BalasHapus
  24. keputusan yang diambil anak tersebut tidaklah salah.karena untuk mendapatkan hasil yang sesuai maka diperlukan pengujian terlebih dahulu. sedangkan untuk penjual mangga dan duren tidaklah perlu untuk mencobanya semua, cukup satu yang digunakan unuk sampel, dan untu lotere itu merupakan suatu peluang yang perbandingannya sangat kecil untuk mendapatkan angka yang sama.

    BalasHapus
  25. bila kita ingin menilai sesuatu kita tidaklah perlu menguji semuanya..
    kita bisa mengambil sampelnya sehingga kita dpat mengefisienkan waktu dan tenaga kita untuk menguji yang lainnya..

    BalasHapus
  26. dalam mengambil suatu kesimpulan dengan mencoba atau menguji semua bahan sama yang ada satu persatu, dinilai sangat kurang efesien, karena selain menghabiskan terlalu banyak waktu juga menghabiskan banyak dana..Seharusnya dalam mengambil kesimpulan tidak perlu mencoba atau menguji semua bahan, dengan cara cukup satu bahan yang di ambil secara acak dari setiap bahan yang ada, sehingga dapat lebih efesien, menghemat waktu dan dana yang dikeluarkan..

    Nama : Predina Agnes I.
    NBI : 221007805
    Kelas : R

    BalasHapus
  27. dari cerita diatas maka dalam mengambil kesimpulan perlu memperhatikan nilai serta kegunaan barang tersebut agar lebih efisien dan efektif dan tidak perlu menngunakan semua korek api agar tidak terjadi kerugian waktu serta dana.

    nama : rosa lianingtiyas
    kelas : R
    Nbi : 221007784

    BalasHapus
  28. dalam melakukan suatu pengujian untuk mengambil keputusan tersebut, tidak perlu menggunakan semua populasi (semua korek api) cukup mengambil sebagian sampel dari populasi tersebut. Karena sampel tersebut dapat mewakili seluruh populasi yang ada.Dengan begitu kualitas korek api tersebut sudah dapat teruji, apakah baik atau tidak.

    nama : Novarinda Indrayanto N.
    kelas : R
    NBI : 221007801

    BalasHapus
  29. Menurut saya memang cara anak itu dalam menentukan keputusan tidak salah , hanya saja kurang efektif jika hgarus mencoba semua batang korek api yang telah dibeli,agar cara pengambilan keputusan lebih efektif dan efisien, maka kita bisa menggunakan statistika sebagai pengambilan keputusan.Pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan sampling (mengambil beberapa sampel dari suatu populasi , pada kasus diatas populasi adalah 1 bungkus korek api, sampelnya adalah beberapa batang korek api ) sampel yg baik ini harus representatif atau dapt mewakili populasi, dengan tehnik pengambilan keputusan yg benar, yaitu : sampling berdsarkan peluang (acak sederhana,Stratifikasi ,klasifikasi) dan sampling tidak brdsarkan peluang (convinience(seadanya) dan judgement( pertimbangan).
    kita juga menentukan karakteristik obyek penelitian,contohnya ukuran,warna dari korek api tersebut. Kita juga harus membagi variabelnya (kualitatif,kuantitatif,bebas,tak bebas,nominal,ordinal,interval atau rasio).setelah itu kita melakukan pembagian data yang merupakan hasil pengukuran yg bisa menggambarkan suatu keadaan.
    Jadi statistika disini merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajik`n data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan.
    jadi cerita diatas sebelum mengambil keputusan hendaknya jangan menggunakan cara yg sama pada objek yang berbeda,, harus dipertimbangkan komentr saya sebelumnya,
    Terimakasih,

    Wilujeng Sinung Utami
    211007103
    Kelas R

    BalasHapus